Makanan Yang Bikin Gigi Cepat Berlubang, Apa Aja Sih?

Halo semuanya, selamat datang di blog website Palapa Dentists!

Berhubung artikel sebelumnya membahas mengenai dampak konsumsi coklat terhadap gigi geligi, kali ini kita bahas yuk perihal makanan yang bikin gigi cepet berlubang. Yuk simak paragraph berikut!

Punya gigi yang berlubang tentunya sangat mengganggu. Apalagi jika lubangnya semakin besar, maka semakin susah perawatannya dan semakin tinggi pula biaya yang dikeluarkan. Sahabat Palapa Dentists pasti nggak mau kan.. eits, tidak usah khawatir, sahabat Palapa Dentists dapat mencegah terjadinya gigi berlubang dengan mudah lho. Salah satu caranya adalah dengan mengurangi konsumsi makanan yang bikin gigi cepat berlubang. Apa saja tuh? Yuk kita bahas satu persatu!

  1. Makanan dengan kandungan gula yang tinggi

Setelah mengkonsumsi gula (sukrosa), pH dalam rongga mulut akan menurun hingga mencapai 5. Suasana asam ini dapat bertahan cukup lama dan dapat memicu larutnya kristal email gigi sehingga lama kelamaan gigi menjadi berlubang. Selain itu, perlu diketahui bahwa bentuk makanan yang cair atau lengket dapat bertahan lebih lama dalam rongga mulut. Sahabat Palapa Dentists dapat mengurangi frekuensi konsumsi gula dan makanan yang lengket untuk menurunkan risiko gigi berlubang. Contoh makanan dengan kandungan gula yang tinggi adalah junkfood.

  1. Makanan dengan kandungan asam yang tinggi

Sama seperti makanan dengan kandungan gula yang tinggi, makanan asam dapat menyebabkan penurunan pH dalam rongga mulut. Paparan asam dapat berasal dari luar dan dari dalam. Contoh minuman dengan paparan asam tinggi misalnya seperti minuman bersoda dan isotonik.

  1. Minuman dengan kandungan kafein

Kafein yang terdapat di dalam teh, kopi, dan softdrink memiliki efek diuretik, yaitu dapat meningkatkan pengeluaran urin. Hasilnya, konsumen kafein akan cenderung dehidrasi dan mulut terasa kering. Mulut yang kering juga dapat menyebatkan gigi cepat berlubang lho sahabat.

Nah, seperti itu lah contoh makanan penyebab gigi cepat berlubang. Kira-kira susah nggak ya untuk membentuk pola makan yang sehat dengan mengurangi makanan di atas? 😀 Yuk, kita perbaiki konsumsi makanan kita agar terhindar dari gigi berlubang. Sehat itu mahal lho! Semoga bermanfaat, stay healthy!

Sumber: google.com

Penulis: Karina Widya Aisya, S.K.G

Sumber:

Mount G, Hume W, Ngo H, Wolff M. Preservation and Restoration of Tooth Structure, 3rd Edition. John Wiley & Sons; 2016.

Leave your thought