Teknik yang Dilakukan Dokter Saat Anak Ngamuk di Dokter Gigi, Apa Tuh?

Halo semuanya, selamat datang di blog website Palapa Dentists!

“Anak saya selalu ngamuk ketika di dokter gigi, merengek nggak mau dikasih perawatan. Saya bingung harus gimana..”

Bunda.. apakah pernah mengalami hal seperti ini? Buah hati sedang sakit gigi tapi takut untuk dilakukan perawatan. Rasanya serba salah yaa bun, tidak tega juga kalau tidak dibawa ke dokter gigi, nanti sakit giginya semakin parah. Tapi tenang dulu bunda, hal ini sebenarnya dapat diatasi kok. Yuk mari kita bahas!

Dokter gigi di Palapa Dentists tentunya akan selalu mengutamakan kenyamanan anak selama perawatan. Untuk mengatasi anak yang rewel, para dokter gigi lebih suka untuk melakukan pendekatan intrapersonal kepada anak. Namun, jika anak sudah tidak dapat dikontrol dengan cara apapun, dokter gigi akan menggunakan ‘restraint’. Apa sih yang dimaksud dengan restraint?  Restraint adalah suatu bentuk upaya atau alat yang dapat membatasi pergerakan anak. Restraint dapat berupa pegangan langsung dari orang tua dan perawat atau dapat berupa selimut yang membalut badan. Yuk kita intip terlebih dahulu contoh penggunaan restraint ‘selimut’ pada pasien anak.

Sumber: Wright, Gerald Z._ Kupietzky, Ari-Behavior Management in Dentistry for Children-Wiley-Blackwell (2014) (1)

Mungkin agak terlihat menyeramkan ya bunda.. namun restraint dapat berguna dalam kondisi tertentu. Terkadang ada permasalahan yang tidak bisa ditunda dan segara memerlukan intervensi dari dokter gigi, seperti kehilangan gigi karena trauma atau adanya abses. Hal tersebut jika tidak segera diobati dapat mengancam jiwa buah hati.

Penggunaan restraint pada kondisi tertentu sudah disetujui oleh The American Academy of Pediatric Dentists (AAPD). Bertanya dan berdiskusi tentang pilihan perawatan dengan dokter gigi sangat diperbolehkan apabila bunda masih ragu dengan penggunaan restraint. Keselematan dan kenyamanan buah hati ibunda adalah yang terpenting. Semoga bermanfaat, stay healthy!

Penulis: Karina Widya Aisya, S.K.G

Sumber:

Using Physical Restraint in Pediatric Dentistry [Internet]. Caring Tree Children’s Dentistry. 2021 [cited 7 June 2021]. Available from: https://www.caringtreechildrensdentistry.com/blog/use-physical-restraints/

 

 

Leave your thought