Mengatasi Anak-Anak yang Gelisah Saat Pandemi, Gimana Caranya?

Halo semuanya, selamat datang di blog website Palapa Dentists!

Saat ini, angka kematian dan kasus positif COVID-19 masih terus meningkat. Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah memutuskan untuk menjalankan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Selama #dirumahsaja, mungkin anak-anak merasa jenuh dan bosan. Oleh karena itu, yuk, kita bahas cara mengatasi anak yang gelisah saat pandemi!

American Academy of Pediatrics (AAP) memiliki beberapa tips untuk membantu anak merasa aman dan tenang saat pandemi:

  1. Menjawab pertanyaan mengenai pandemi dengan jujur (tidak perlu takut untuk menjelaskan situasi yang sebenarnya kepada anak, sembari dijelaskan bahwa anak dan keluarga akan aman selama mematuhi protokol kesehatan)
  2. Selalu ‘keep in touch’ dengan orang-orang terkasih
  3. Melihat dan berpikir positif untuk masa depan
  4. Memberikan afeksi lebih
  5. ‘Creative play’
  • Membersihkan mainan bersama : secara tidak langsung menumbuhkan rasa tanggung jawab dan melatih keterampilan sensorik dan motorik.
  • Membuat camilan sehat : misalnya pudding susu, kue cokelat, atau menu lainnya. Camilan sehat juga dapat membantu anak untuk mengontrol asupan makanan.
  • Bermain alat musik : punya alat musik seperti gitar, organ, atau piano di rumah? Yuk kita manfaatkan! Ajarkan nada atau not lagu yang mudah dimainkan atau not lagu kesukaan anak.
  • Membersihkan ruangan : ajarkan anak untuk mulai membiasakan menjaga kamar dan ruang belajarnya tetap bersih. Cara ini sangat membantu mengajarkan kedisplinan dan menjaga kebersihan pada anak sejak dini.
  • Membuat hasil karya dari bahan di alam : ajak anak untuk mengambil bahan di sekitar rumah, seperti batu kecil, daun, atau ranting pohon. Bahan tersebut selanjutnya ditempel di atas karton untuk dijadikan karya seni hasil kreativitas dan imajinasi anak.
  • Berkebun : manfaatkan pot untuk dijadikan sebagai wadah dan ajak anak untuk menyiram dan merawat benih yang sudah ditanam. Berkebun dapat membantu untuk menumbuhkan rasa cinta lingkungan dan kesabaran.
  • Menari & bermain game tradisional : membuat tubuh anak bergerak aktif dan untuk kesehatan tulang.

Sumber: google.com

Yuk, ciptakan suasana fun dan positif di rumah. Semoga bermanfaat, stay healthy!

Penulis: Karina Widya Aisya, S.K.G

Sumber:

  1. Parenting in a Pandemic: Tips to Keep the Calm at Home [Internet]. Healthy Children. 2021 [cited 13 July 2021]. Available from: https://www.healthychildren.org/English/health-issues/conditions/COVID-19/Pages/Parenting-in-a-Pandemic.aspx
  2. [Internet]. Zurich.co.id. 2021 [cited 15 July 2021]. Available from: https://www.zurich.co.id/id-id/blog/articles/2020/07/7-ide-kegiatan-kreatif-bersama-anak-selama-di-rumah

Leave your thought