#Mitos Seputar Perawatan Gigi: Mencabut Gigi Atas Bisa Menyebabkan Kebutaan?

#Mitos Seputar Perawatan Gigi: Mencabut Gigi Atas Bisa Menyebabkan Kebutaan?

Halo semuanya, selamat datang di blog website Palapa Dentists!

Sahabat Palapa Dentists sering denger ngga sih.. katanya kalau cabut gigi atas nanti matanya bisa jadi buta? Masa sih? Yuk kita simak informasi berikut.

Faktanya, memang ada beberapa kasus terjadinya masalah pada mata setelah pencabutan gigi, contohnya pandangan berbayang. Tapi, hal ini terjadi bukan karena pencabutan gigi. Masalah ini dapat terjadi karena penyuntikan obat bius dengan teknik yang kurang baik sebelum proses pencabutan gigi. Walaupun begitu, masalah pada mata karena obat bius tersebut sangat jarang terjadi dan hanya bersifat sementara.

Lalu, kenapa obat bius dapat menyebabkan masalah pada mata? Mata dan gigi memiliki persyarafan yang sama namun berbeda cabang. Hal ini menyebabkan obat bius yang disuntikkan di mulut dapat berdifusi ‘nyasar’ ke area mata dan memberi dampak pada syaraf mata tersebut. Berikut gambaran salah satu syaraf kranial, yaitu syaraf trigeminal, yang terbagi menjadi 3 bagian:

  • V1 – ophthalmic nerve
  • V2 – maxillary nerve
  • V3 – mandibular nerve

Sumber: google.com

Tapi jangan takut ya sahabat Palapa! Kasus ini terjadi sifatnya hanya sementara. Gejala yang ditimbulkan muncul setelah penyuntikan obat bius berlangsung dan hanya bertahan selama beberapa jam saja. Penelitian membuktikan bahwa (1) masalah apda mata setelah pemberian bius local (di mulut) sangat jarang terjadi, (2) prosedur penggunaan obat bius local (di mulut) yang dilakukan dengan teknik yang tepat sangatlah aman untuk pasien.

Jadi, jika pencabutan gigi dilakukan sesuai prosedur, aman-aman saja ya sahabat. Pencabutan gigi tidak menyebabkan kebutaan. Jangan takut untuk cabut gigi, apalagi untuk disuntik obat biusnya! Semoga bermanfaat, stay healthy!

Penulis: Karina Widya Aisya, S.K.G

Sumber:

  1. Newadkar U, Chaudhari L, Khalekar Y. Myths and misconceptions in general public toward ocular complications followed by the removal of upper teeth. Journal of Family Medicine and Primary Care. 2016;5(4):785.
  2. Khattab M, Wiegand A, Storch M, Hoerauf H, Feltgen N. Unilateral Vision Loss after a Dental Visit. Case Reports in Ophthalmology. 2018;9(1):209-214.

Leave your thought