Punya Penyakit Komorbid Jantung, Aman Tidak Ya Ke Dokter Gigi?

Halo semuanya, selamat datang di blog website Palapa Dentists! Semoga dalam keadaan sehat selalu ya! Yuk kali ini kita bahas mengenai penyakit komorbid, terutama pasien dengan penyakit jantung. Apakah pasien dengan penyakit jantung aman untuk dilakukan perawatan pada dokter gigi? Penasaran kan? Yuk kita bahas bersama.

Penyakit jantung adalah kondisi dimana jantung mengalami gangguan. Bentuk gangguan dari penyakit jantung itu sendiri bermacam-macam, dapat berupa gangguan pada pembuluh darah, katup, dan otot pada jantung (angina pectoris, myocardial infarction, infective endocarditis, dysrhythmia, dan lain-lain). Seluruh penyakit ini jika dibiarkan dapat membahayakan karena dapat menyebabkan serangan jantung dan kematian mendadak.

“Lalu, apakah aman bagi saya yang memiliki penyakit jantung untuk ke dokter gigi?”

Jawabannya adalah aman, selagi penyakit jantung yang diderita terkontrol dengan baik, dengan beberapa pembatasan perawatan (misalnya tindakan scaling hanya dilakukan pada satu sekstan saja setiap kunjungan atau tindakan pencabutan hanya pada satu gigi dari beberapa gigi yang telah direncanakan untuk dicabut).

Dokter gigi akan melakukan tindakan dental secara hati-hati dengan membertimbangkan seluruh kondisi pasien. Perawatan dental sebisa mungkin dilakukan pada pagi hari dan dengan waktu yang singkat untuk mencegah terjadinya reaksi kardiovaskular. Pada tindakan yang cukup invasif, seperti mencabut gigi, dokter gigi akan memberikan obat bius khusus yang tidak berbahaya bagi penderita penyakit jantung.

Untuk keamanan bersama, pasien wajib melaporkan seluruh obat-obatan yang dikonsumsi beserta dosisnya. Hal ini akan membantu dokter gigi dalam menentukan perawatan dan medikasi yang akan diberikan saat prosedur dental. Selain itu, pasien sebaiknya memberikan nomor telepon dokter penanggung jawab kepada dokter gigi. Jika pasien merasa cemas berlebihan sebelum melakukan prosedur dental, laporkan segera kepada dokter gigi.

So… aman ya sahabat untuk ke dokter gigi walaupun memiliki penyakit jantung! Asal penyakit jantung tersebut terkontrol dan sudah mendapatkan izin dari dokter penanggung jawab, you’re good to go! Semoga bermanfaat, stay healthy!

Penulis: Karina Widya Aisya, S.K.G

Sumber:

  1. Vitria E. Evaluasi dan penatalaksanaan pasien medically-compromised di tempat praktek gigi Evaluation and management of medically compromised patient in dental practice. Journal of Dentomaxillofacial Science. 2011;10(1):47.
  2. Dental Care for People With Heart Disease [Internet]. WebMD. 2021 [cited 31 October 2021]. Available from: https://www.webmd.com/oral-health/dental-care-heart-disease

Leave your thought