Sering Menjilat Bibir Ternyata Malah Membuat Bibir Semakin Kering, Kok Bisa Ya?

Halo semuanya, selamat datang di blog website Palapa Dentists! Waaaah, kali temanya seru banget nih. Siapa disini yang punya kebiasaan menjilat-jilat bibir? Ternyata menjilat bibir malah bikin bibir makin kering lho. Kenapa ya? Padahal kan tujuan menjilat bibir supaya bibir menjadi basah. Yuk kita bahas di paragraph berikut.

Menjilat bibir merupakan sebuah hal yang natural dilakukan ketika bibir terasa kering dan mengelupas. Terutama pada cuaca dengan suhu yang dingin atau kering, menjilat bibir adalah tindakan kompensasi untuk menjaga kelembapan. Eits… tunggu dulu, ternyata hal ini tidak benar untuk dilakukan lho. Menjilat bibir berulang kali dapat menyebabkan kondisi kronis yang dikenal sebagai ‘lip licker’s dermatitis’ atau ‘lip lick cheilitis’.

Saat kita menjilat bibir, air liur pada bibir akan menambah kelembapan pada permukaan bibir, tetapi hanya untuk sesaat karena air liur menguap dengan cepat. Saliva, air liur yang menempel pada bibir, mengandung enzim pencernaan seperti amilase dan maltase yang dapat merusak kulit bibir. Seiring waktu, enzim ini akan membuat bibir lebih rentan atau sensitif terhadap udara. Bibir bahkan bisa mengelupas, pecah, dan berdarah.

Fakta Angular Cheilitis, Kondisi Luka di Sudut Bibir

Sumber: google.com

Untuk mengatasi bibir yang kering, sebaiknya sahabat Palapa Dentists mengaplikasikan lip balm daripada menjilat bibir. Lip balm dapat diaplikasikan setiap bibir terasa kering. Sahabat Palapa Dentists dapat memilih lip balm dengan kandungan SPF agar bibir juga terhindar dari paparan sinar UV matahari. Selain menggunakan lip balm secara rutin, penting bagi sahabat Palapa Dentists untuk menambah konsumsi air putih minimal 2 L perhari untuk menghindari kulit dan bibir yang kering.

Semoga bermanfaat, stay healthy!

Penulis: Karina Widya Aisya, S.K.G

Sumber:

  1. Licking Lips: Due to Environment, Anxiety, and How to Stop [Internet]. Healthline. 2021 [cited 31 October 2021]. Available from: https://www.healthline.com/health/licking-lips

Leave your thought