Bisul di Dagu Tanda Gigi Bernanah, Waspada!

Semoga sahabat Palapa Dentists dalam keadaan sehat, ya! Tetap patuhi protokol kesehatan karena saat ini kasus positif Covid-19 sedang tinggi. Yuk kali ini kita bahas mengenai bisul/fistula di luar rongga mulut. Kira-kira apa sih penyebabnya? Mari simak paragraph berikut.

Fistula orokutan (fistula di luar rongga mulut) adalah jalur infeksi yang menghubungkan rongga mulut dan kulit. Penyebab yang paling sering dari fistula orokutan adalah infeksi (dari abses pada ujung akar karena gigi bolong yang tidak ditambal) atau karena penyakit periodontal. Ketika gigi berlubang besar, maka infeksi akan menjalar ke jaringan pulpa dan berlanjut  meresorpsi tulang sekitar gigi. Proses resorpsi ini meluas ke jaringan lunak di sekitar, lalu infeksi dapat menyebar ke perlekatan otot dan dapat menembus hingga kulit. Berikut merupakan contoh kasus pasien dengan fistula di Palapa Dentists:

Pasien datang ke Palapa Dentists dengan fistula di bagian pipi bawah. Dilakukan tracing oleh dokter gigi untuk melihat asal muasal penyebab fistula tersebut. Setelah tracing dan difoto rontgen, diketahui bahwa fistula berasal dari infeksi pada akar gigi depan bawah. Selanjutnya, oleh dokter gigi dilakukan perawatan saluran akar dan fistula berhasil dihilangkan (gambar bagian kiri: sebelum perawatan dan saat dilakukan tracing, gambar kanan: setelah perawatan saluran akar).

Jika mengalami hal serupa dengan kasus di atas, segera lah ke dokter gigi terdekat sebelum kondisi membahayakan. Dokter gigi akan melakukan tata laksana dengan menghilangkan penyebab dari fistula, misalnya melalui perawatan saluran akar (seperti kasus di atas) atau pencabutan gigi. Namun, alangkah baiknya apabila sahabat Palapa Dentists selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut serta kontrol ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Jika memiliki lubang besar pada gigi, sahabat bisa langsung mendatangi dokter gigi untuk perawatan. Ingat bahwa pencegahan lebih baik daripada pengobatan. Semoga bermanfaat, stay healthy!

1. Chouk C, Litaiem N. Oral Cutaneous Fistula. [Updated 2022 Jan 24]. In: StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2022 Jan-.