Endemi vs Pandemi, Apa Bedanya?

Halo semuanya, selamat datang di blog website Palapa Dentists!

Semoga kita semua dalam keadaan sehat, yaa! Masih seputar Covid-19, saat ini sedang booming informasi transisi pandemi menjadi endemi. Sebenarnya, apa sih beda dari pandemi dan endemi? Ada juga epidemi.. Apa sih bedanya? Apakah Indonesia sudah siap mengubah Covid-19 menjadi endemi? Yuk, kita bahas bersama.

Penyakit endemi adalah penyakit yang selalu ada di seluruh wilayah atau kelompok orang yang konsisten. Di Indonesia, penyakit endemi dapat berupa Demam Berdarah Dengue (DBD), malaria, tuberculosis, hepatitis, kusta, leptospirosis, dan filariasis. Lain hal dengan penyakit endemi, penyakit epidemi terjadi ketika penyakit secara tidak terduga meningkat di suatu populasi atau wilayah yang besar. Contohnya dari penyakit epidemi adalah ebola di Afrika Barat pada tahun 2014 – 2016. Selanjutnya, pandemi memiliki pengertian sebuah penyakit yang menyebar di beberapa negara atau benua dan memengaruhi banyak orang, seperti COVID-19.

Bedanya Endemi, Epidemi, dan Pandemi

Sumber: google.com

Tentunya kita berharap kasus COVID-19 di Indonesia berubah dari pandemi menjadi endemi bukan.. Namun, apakah Indonesia sudah siap? Kasus kumulatif Indonesia sampai bulan April 2022 yaitu 6.01 juta atau 2.2% dari populasi. Saat itu, Indonesia menempati urutan ke-156 dari 223 negara dalam rasio kasus positif. Di samping itu, kasus kematian kumulatif akibat COVID-19 adalah sebanyak 0.06%, yang jika dibandingkan dengan negara lain, cukup terkontrol.

Saat ini pemerintah masih berfokus dalam hal vaksinasi dan gencar mengejar target vaksin lengkap dua dosis sebanyak 70% populasi. Jumlah populasi yang sudah mendapat vaksin dosis kedua adalah sebanyak 59.1% dan 8.5% populasi sudah mendapat dosis booster. Menurut Menteri Kesehatan Budi Gunadi, status pandemi COVID-19 dapat berpeluang berubah menjadi endemi pada September mendatang jika tingkat penularan virus selalu mencapai di bawah satu.

Walaupun kondisi saat ini sudah semakin terkontrol, tetap patuhi protokol kesehatan ya sahabat Palapa Dentists! Semoga target pandemi menjadi endemi segera tercapai.

Semoga bermanfaat, stay healthy!

Penulis: Karina Widya Aisya, S.K.G

Sumber:

  1. Geng C. Pandemic vs. endemic vs. epidemic: What they mean [Internet]. Medicalnewstoday.com. 2022 [cited 23 April 2022]. Available from: https://www.medicalnewstoday.com/articles/pandemic-vs-endemic
  2. Said A. Kemenkeu: Banyak Negara Mulai Transisi Menuju Endemi, Kapan Indonesia? [Internet]. katadata.co.id. 2022 [cited 23 April 2022]. Available from: https://katadata.co.id/agustiyanti/finansial/624ac53849a2a/kemenkeu-banyak-negara-mulai-transisi-menuju-endemi-kapan-indonesia

Leave your thought