Bahaya Konsumsi Rutin Cuka Apel Bagi Gigi

Halo semuanya, selamat datang di blog website Palapa Dentists!

Sahabat Palapa mungkin sudah familiar dengan pernyataan bahwa mengonsumsi cuka apel secara rutin memiliki banyak khasiat baik bagi tubuh. Namun, dibalik khasiatnya, apakah konsumsi rutin cuka apel memiliki efek samping? Yuk kita bahas bersama di paragraph berikut.

Cuka apel merupakan cairan yang sangat asam dengan pH kurang lebih 3. Beberapa artikel menyebutkan khasiat dari cuka apel, seperti membantu menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol, menurunkan kadar gula darah, dan mengurangi gejala diabetes. Walaupun memiliki khasiat yang cukup beragam, ternyata cuka apel dapat menyebabkan erosi pada gigi. Bahkan, pada sebuah penelitian dijelaskan bahwa dengan mengonsumsi cuka apel, risiko erosi gigi yang terjadi lebih tinggi dibandingkan dengan risiko erosi gigi karena soft drink.

Tooth Enamel Erosion: Causes, Symptoms, And Treatments

Sumber: google.com

Terpaparnya zat asam yang rutin dapat menghilangkan jaringan keras gigi (enamel dan dentin). Enamel gigi, zat yang paling termineralisasi dan paling keras dalam tubuh, adalah lapisan permukaan luar gigi. Jika enamel hilang/hancur, tubuh tidak dapat menggantikannya kembali. Kadar asam tinggi yang menghancurkan enamel dapat menyebabkan sensitivitas dan gigi berlubang.

Kami menyarankan untuk tidak terlalu sering mengonsumi cuka apel karena dampak erosinya pada gigi. Jika ingin mengonsumi, sebaiknya sahabat Palapa segara berkumur-kumur dengan air mineral agar suasana rongga mulut menjadi netral (tidak terlalu asam). Semoga bermanfaat, stay healthy!

Penulis: Karina Widya Aisya, S.K.G

Sumber:

  1. Anderson S, Gonzalez L, Jasbi P, Johnston C. Evidence That Daily Vinegar Ingestion May Contribute to Erosive Tooth Wear in Adults. Journal of Medicinal Food. 2021;24(8):894-896.
  2. Potential Side Effects of Apple Cider Vinegar [Internet]. Healthline. 2022 [cited 13 June 2022]. Available from:https://www.healthline.com/nutrition/apple-cider-vinegar-side-effects
  3. Apple Cider Vinegar Teeth [Internet]. Healthline. 2022 [cited 13 June 2022]. Available from: https://www.healthline.com/health/apple-cider-vinegar-teeth#how-acv-damages-teeth

Leave your thought