Suka Makan Coklat Tapi Tidak Cepet Bolong Giginya. Kok Bisa?

Halo semuanya, selamat datang di blog website Palapa Dentists!

Gimana kabarnya di bulan suci Ramadhan ini? Semoga sahabat Palapa Dentists dalam keadaan sehat selalu ya! Kali ini kita bahas tentang konsumsi coklat dan dampaknya pada gigi geligi yuk. Cukup menarik lho sahabat, selama ini yang sering kita dengar, coklat merupakan salah satu makanan yang dapat menyebabkan gigi berlubang. Faktanya, coklat dapat mengurangi risiko terjadinya karies, lho. Penasaran kan? Yuk simak paragraph berikut!

Sebelum membahas mengenai coklat, kita bahas dulu yuk apa sih yang menyebabkan lubang pada gigi? Penyebab dari gigi berlubang adalah komponen bakteri Streptococcus mutans yang berlebih pada rongga mulut dan interaksinya dengan komponen karbohidrat yang dikonsumsi. Bakteri Streptococcus mutans ini bersama dengan komponen karbohidrat akan menghasilkan asam laktat yang memicu terjadinya pembentukan plak pada gigi. Plak ini lah yang dapat melarutkan kristal email gigi sehingga lama kelamaan gigi pun menjadi berlubang.

Nah, sahabat Palapa Dentists pecaya tidak kalau kandungan pada coklat ternyata dapat mengurangi risiko terjadinya gigi berlubang lho! Biji kakao (Theobroma cacao), bahan baku dari coklat, merupakan bagian dari famili Malvaceae yang memiliki komponen antibakteri. Biji kakao memiliki komponen asam lemak, seperti asam oleat dan asam linoleate yang menunjukkan aktivitas antibakteri kuat terhadap Streptococcus mutans (akumulasi dari Streptococcus mutans yang berlebih dapat memicu terjadinya gigi berlubang). Ekstrak biji kakao ini dapat mengurangi pembentukan plak penyebab gigi berlubang. Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa kandungan yang dimiliki biji kakao ini secara efektif dapat mengurangi kadar bakteri penyebab gigi berlubang.

Sahabat Palapa Dentists perlu mencermati kandungan coklat yang dijual di pasaran. Banyak sekali produk coklat yang mencampurkan terlalu banyak gula ke dalamnya, sementara kandungan kakao murni yang dicampurkan hanya sedikit. Ini lah salah satu alasan mengapa sering ditemukan pernyataan bahwa coklat adalah salah satu makanan penyebab gigi berlubang.

Jika sahabat Palapa Dentists ingin mengkonsumsi coklat, alangkah baiknya memilih produk coklat dengan kandungan gula yang sedikit dan kakao murni yang lebih banyak, misalnya dark chocolate 70%. Salah satu produk cemilan coklat dengan kandungan kakao murni yang banyak adalah Minangkakao. Coklat Minangkako diproduksi menggunakan biji kakao organik tanpa tambahan bahan kimia dan pengawet. Produk ini dapat sahabat temukan di Halal Mart, Palapa Dentists.

Sumber: https://minangkakao.com/chocolate-shop

Sekian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat, stay healthy!

Penulis: Karina Widya Aisya, S.K.G

Sumber:

S S, Kemparaj U, Umesh S, Karuppaiah M, Pandian P, A K. Comparative Evaluation of Cocoa Bean Husk, Ginger and Chlorhexidine Mouth Washes in the Reduction of Steptococcus Mutans and Lactobacillus Count in Saliva: A Randomized Controlled Trial. Cureus. 2019;.

Leave your thought