Meningkatkan Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi, Gimana Caranya?

Halo semuanya, selamat datang di blog website Palapa Dentists!

Semoga sahabat Palapa Dentists dalam keadaan sehat semua ya! Di masa pandemi ini tentunya kita harus terus menjaga stamina agar terhindar dari penularan. Pada blog kali ini, yuk kita bahas bagaimana cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh di masa pandemi. Simak paragraph berikut ya!

Pada awal tahun 2020, WHO telah menyatakan bahwa wabah virus korona COVID-19 bersifat darurat bagi kesehatan masyarakat global. Hingga saat ini di tahun 2021, wabah COVID-19 masih mewabah di Indonesia. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh sangat penting, mengingat sudah banyaknya aktivitas di luar rumah yang dikerjakan oleh masyarakat. Palapa Dentists telah merangkum rekomendasi asupan dan kegiatan untuk meningkatkan daya tahan tubuh di masa pandemi.

  1. Vitamin D

Vitamin D adalah nutrisi penting yang dapat diperoleh melalui paparan sinar matahari dan melalui makanan serta suplemen makanan. Dalam makanan, vitamin D ditemukan sebagian besar pada ikan, biji-bijian, dan produk susu. Beberapa penelitian membuktikan bahwa vitamin D memegang peran penting dalam sistem kekebalan tubuh. Kekurangan vitamin D berhubungan dengan kerentanan terhadap infeksi, terutama infeksi saluran pernapasan. Vitamin D bisa didapatkan melalui paparan sinar matahari pada sekitar jam 10 pagi. So, sahabat Palapa Dentists jangan lupa untuk berjemur tiap pagi ya!

  1. Tidur yang cukup

Beberapa penelitian membuktikan bahwa tidur memiliki peran penting untuk sistem kekebalan tubuh. Dianjurkan untuk tidur dengan durasi 7 hingga 9 jam perhari pada orang dewasa. Jangan lupa istirahat yang cukup walaupun banyak aktivitas ya sahabat Palapa Dentists!

  1. Olahraga fisik dan psikis

Olahraga fisik yang teratur bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh dan dapat mengurangi risiko penularan jenis infeksi tertentu, seperti infeksi saluran pernapasan bagian atas (ISPA). Olahraga sebaiknya dilakukan secara rutin, tidak harus terlalu berat, setidaknya menghasilkan keringat setiap harinya. Sahabat Palapa Dentists bisa melakukan olahraga fisik bersama dengan teman atau keluarga agar semakin semangat (namun tetap social distancing ya!). Adanya teman atau keluarga mungkin dapat memenuhi kebutuhan psikis sahabat Palapa Dentists.

Sumber: google.com

Yuk, mari kita sama-sama jaga kesehatan. Sehat itu mahal lho! Semoga bermanfaat, stay healthy!

Penulis: Karina Widya Aisya, S.K.G

Sumber:

Yousfi N, Bragazzi N, Briki W, Zmijewski P, Chamari K. The COVID-19 pandemic: how to maintain a healthy immunesystem during the lockdown – a multidisciplinary approach withspecial focus on athletes. Biology of Sport. 2020;37(3):211-216.

Leave your thought