Ternyata Tingkat Infeksi COVID-19 di Kalangan Dokter Gigi Lebih Rendah Daripada Profesional Kesehatan Lainnya, Lho!

Wah.. tidak terasa ya, sebulan yang lalu umat muslim baru saja merayakan hari raya idul fitri. Gimana kesan sahabat Palapa Dentists terhadap perayaan hari raya yang masih #dirumahaja? Tentunya masih tetap seru yaa walaupun bertatap muka dengan keluarga secara online. Semoga pandemi segera cepat berakhir agar bisa bertemu langsung dengan keluarga. Ngomong-ngomong soal pandemi, sahabat tau ngga sih kalau ternyata tingkat infeksi COVID-19 di dokter gigi lebih rendah lho daripada professional kesehatan lainnya. Penasaran? Simak dulu yuk, artikel berikut!

Tingkat prevalensi infeksi COVID-19 kumulatif di antara dokter gigi di Amerika Serikat adalah 2,6% pada November 2020 – lebih rendah dari tingkat infeksi profesional kesehatan lainnya, termasuk perawat dan dokter, menurut sebuah studi dari American Dental Association Science & Research Institut dan Institut Kebijakan Kesehatan.

“Kami senang melihat dokter gigi yang menunjukkan insiden COVID-19 yang rendah meskipun terdapat beberapa lonjakan tingkat COVID-19 regional dan nasional selama masa studi,” kata Marcelo Araujo, DDS, Ph.D., CEO ADA Science & Research Institute, chief science officer ADA.

Karena banyak prosedur gigi menghasilkan aerosol, praktik kedokteran gigi pada awalnya diyakini berisiko tinggi menularkan SARS-CoV-2. Oleh karenanya, setidaknya 99,7% dokter gigi mengatakan mereka menggunakan strategi pencegahan dan pengendalian infeksi yang ditingkatkan dalam praktik mereka setiap bulan. Selain itu, banyak dokter gigi yang melaporkan pelaksanaan skrining pasien dan staf untuk COVID-19, pengunaan disinfektan setiap saat, dan penerapan social distancing di antara pasien.

“Studi ini memperkuat bahwa sektor perawatan gigi berjalan dengan aman,” kata Marko Vujicic, Ph.D., kepala ekonom dan wakil presiden Institut Kebijakan Kesehatan ADA. “Tidak ada bukti yang lebih jelas daripada fakta bahwa lebih dari 90% pasien yang disurvei menunjukkan bahwa mereka telah mengunjungi dokter gigi.”

Nah, setelah membaca artikel di atas, apakah sahabat Palapa Dentists masih takut untuk berkunjung ke dokter gigi? Semoga tidak yaa karena tentunya Palapa Dentists disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Semoga bermanfaat, stay healthy!

COVID-19 infection rate among dentists remains lower than other health professionals [Internet]. Ada.org. 2021 [cited 6 June 2021]. Available from: https://www.ada.org/en/publications/ada-news/2021-archive/may/covid-19-infection-rate-among-dentists-remains-lower-than-other-health-professionals