Sakit Rahang Saat Mengunyah, Apa Ya Penyebabnya?

Halo semuanya, selamat datang di blog website Palapa Dentists!

Bagaimana kabarnya? Semoga sahabat Palapa Dentists selalu dalam keadaan sehat, ya!

Sahabat pernah merasakan sakit rahang saat mengunyah? Sering mendengar bunyi ‘clicking’ saat membuka mulut? Atau sering merasakan sakit kepala atau migrain? Jika pernah, tentu rasanya tidak nyaman karena mengganggu saat makan dan berbicara. Perlu sahabat ketahui nih, ternyata rasa sakit pada rahang berhubungan dengan masalah pada gigi dan mulut lho! Penasaran? Yuk kita bahas di paragraph berikut.

Sakit pada rahang dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya karena gangguan sendi pada rahang (Temporomandibular Joint Disorder/TMJD. Sendi pada rahang, atau yang biasa disebut sebagai sendi temporomandibular, berfungsi untuk membuka dan menutup mulut, serta menggeser rahang dari sisi ke sisi atau ke depan dan belakang. Sendi temporomandibular mencakup sistem otot dan jaringan ikat yang cukup rumit sehingga bisa mengalami sejumlah masalah. Gangguan sendi rahang dapat disebabkan oleh:

  • Radang pada sendi (arthritis),
  • Cedera pada sendi atau jaringan ikat,
  • Kebiasan buruk, seperti ‘grinding’ atau ‘clenching’ (sering menggertakan gigi).

TMJ Disorder or TMD | TMJ Relief Clinic Melbourne

Sumber: google.com

Pasien dengan masalah gangguan sendi dapat mengurangi rasa sakitnya dengan makan makanan yang lembut, membatasi gerakan rahang yang terlalu lebar, dan kompres dengan air hangat. Apabila rasa sakit tidak kunjung hilang, segera temui dokter gigi. Dokter gigi mungkin akan menyarankan pemakaian nightguard (untuk mengurangi ‘grinding’ atau ‘ clenching) atau pemberian obat.

Sumber: google.com

Selain gangguan sendi, rasa sakit pada rahang juga dapat disebabkan oleh masalah gigi dan sinusitis. Oleh karena itu, jika sahabat memiliki keluhan sakit pada rahang, segera ke dokter gigi ya! Jangan mendiagnosis sendiri, karena penyebab dan cara mengatasinya beragam. Semoga bermanfaat, stay healthy!

Penulis: Karina Widya Aisya, S.K.G

Sumber:

  1. Mark A. Why does my jaw hurt?. The Journal of the American Dental Association. 2019;150(12):1066.

 

Leave your thought