Apakah Mungkin Saya Alergi Terhadap Anestesi (Obat Bius?)

Halo semuanya, selamat datang di blog website Palapa Dentists!

Yuk, kita bahas mengenai anestesi/obat bius! Mimin mengangkat topik anestesi karena tidak sedikit sahabat Palapa Dentists yang pernah dihadapkan dengan tindakan dental dengan anestesi. Namun, sebenarnya bisa tidak sih kita alergi terhadap anestesi? Anestesi kan termasuk obat-obatan yang masuk ke dalam tubuh.. Penasaran? Yuk kita bahas bersama di paragraph berikut.

Salah satu medikasi yang sering dipakai dalam tindakan kedokteran gigi adalah anestesi lokal.  Anestesi lokal adalah obat yang diberikan untuk membuat mati rasa pada sebagian tubuh dalam sementara waktu. Biasanya, anestesi lokal diberikan sebelum melakukan tindakan perawatan saluran akar, pencabutan gigi, dan tindakan invasif/bedah minor lainnya. Jenis anestesi lokal yang sering dipakai dalam tindakan kedokteran gigi adalah lidokain.

Improving the Local Anesthesia Experience for Our Patients - Dentistry Today

Sumber: google.com

Apakah dapat terjadi alergi obat bius? Ya, tetapi sangat rendah tingkat kejadiannya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa reaksi alergi terhadap anestesi lokal sangatlah jarang terjadi. Dibandingkan dengan reaksi alergi karena zat kimiawi anestesi lokal, rasa cemas yang berlebihan (psikogenik) lebih berpengaruh terhadap munculnya reaksi pada tubuh. Penyebab psikogenik memiliki gejala yang mirip dengan anestesi lokal, yaitu berupa kulit memerah dan timbul ruam, berkeringat yang berlebihan, rasa sesak, rasa berdebar-debar, mual, dan muntah.

So.. sahabat Palapa Dentists tidak perlu khawatir ya dengan adanya reaksi alergi anestesi lokal. Hindari rasa cemas yang berlebih agar tidak terjadi reaksi yang telah disebutkan di atas. Jika memang terjadi reaksi alergi anestesi lokal, tentunya dokter gigi kami selalu sigap dalam menangani hal tersebut. Semoga bermanfaat, stay healthy!

Penulis: Karina Widya Aisya, S.K.G

Sumber:

  1. Bahar E, Yoon H. Lidocaine: A Local Anesthetic, Its Adverse Effects and Management. Medicina. 2021;57(8):782.
  2. Allergy to local anaesthetic agents used in dentistry – what are the signs, symptoms, alternative diagnoses and management options? [Internet]. SPS – Specialist Pharmacy Service. 2022 [cited 10 June 2022]. Available from: https://www.sps.nhs.uk/articles/allergy-to-local-anaesthetic-agents-used-in-dentistry-what-are-the-signs-symptoms-alternative-diagnoses-and-management-options/

Leave your thought