Apakah Aman Melakukan Perawatan di Dokter Gigi Saat Sedang Hamil?

Bunda sahabat Palapa Dentists, ada yang pernah memiliki pengalaman ke dokter gigi saat sedang hamil? Sebenarnya, aman nggak sih ibu hamil dilakukan perawatan gigi? Apa benar bahaya untuk janin? Yuk, kita bahas tuntas di artikel kali ini!

Saat hamil, kondisi hormon akan menjadi tidak seimbang: hormon estrogen dan progesteron akan meningkat.  Kondisi hormon yang tidak seimbang ini akan menyebabkan wanita hamil lebih mudah terkena penyakit gingivitis, yaitu penyakit gusi dengan ciri khas gusi yang mudah bengkak dan berdarah. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), gingivitis terjadi pada 60% – 70% wanita hamil. Oleh karenanya, penting untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut, salah satunya dengan pengecekkan rutin ke dokter gigi. Karena ternyata, kondisi gingivitis atau infeksi lainnya (misalnya gigi berlubang besar) yang tidak segera ditangani, dapat memberikan efek terhadap janin. Infeksi yang tidak ditangani dapat menyebabkan bayi lahir prematur dan bayi terlahir dengan berat badan kurang.

Pregnancy and Oral Health

Perlu diperhatikan waktu-waktu yang aman bagi Bunda yang sedang hamil untuk melalukan perawatan gigi. Trimester kedua (minggu ke-14 hingga minggu ke-27) adalah waktu yang paling ideal bagi Bunda untuk merawat gigi. Sebaiknya, Bunda tidak melakukan perawatan pada trimester pertama (minggu ke-1 hingga minggu ke-13) dan trimester ketiga (minggu ke-28 hingga minggu ke-41) karena khawatir dapat membahayakan janin. Selain itu, perawatan yang dilakukan saat hamil adalah perawatan yang bersifat urgent, misalnya infeksi gusi atau infeksi gigi akibat gigi yang berlubang. Perawatan yang berhubungan dengan estetika sebaiknya ditunda hingga setelah melahirkan.

Alangkah baiknya, Bunda sudah melakukan perilaku preventif sebelum atau saat sedang mengandung. Selalu jaga kesehatan gigi dan mulut Bunda yaa selama mengandung. Semoga bermanfaat, stay healthy!

1. Dental Care Before, During, and After Pregnancy [Internet]. WebMD. 2022 [cited 23 September 2022]. Available from: https://www.webmd.com/oral-health/dental-care-pregnancy
  2. Pregnancy and Dental Work [Internet]. American Pregnancy Association. 2022 [cited 23 September 2022]. Available from: https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/is-it-safe/dental-work-and-pregnancy/
  3. Wu M, Chen S, Jiang S. Relationship between Gingival Inflammation and Pregnancy. Mediators of Inflammation. 2015;2015:1-11.