Herpangina, Infeksi Virus yang Sering Menyerang Anak

Kali ini, yuk, kita bahas mengenai penyakit yang sering menyerang anak. Kalau dilihat dari judulnya, Bunda merasa familiar nggak sih dengan kata ‘herpangina’? Herpangina sebagai virus yang sering menyerang anak? Waduh, gimana ya.. supaya anak kita tidak terkena virus ini dan bagaimana penanganannya jika sudah terkena? Simak paragraph berikut!

Herpangina merupakan penyakit infeksius oleh virus Coxsackie dan Enterovirus yang sering menyerang anak. Virus ini dapat menyebar melalui fecal-oral dan droplet respirasi (droplet saat bernapas atau droplet dari mulut). Herpangina sering mengenai anak-anak usia di bawah 6 tahun, dengan masa inkubasi 3 – 5 hari. Gejala klinis dapat berupa demam, rasa sakit saat menelan, dan rasa sakit di daerah faring – ismus karena adanya ulserasi yang meluas di daerah tersebut. Akibat rasa sakit di faring – ismus, biasanya anak-anak menjadi susah dalam mengonsumsi makanan.

Herpangina | Tanda dan Gejala, Penyebab, Cara Mengobati, Cara Mencegah

Eits.. walaupun begitu, herpangina dalam disembuhkan, kok! Bunda tidak usah khawatir karena waktu sembuh dari herpangina cukup cepat, yaitu selama 4 – 6 hari, jika disertai dengan obat antiviral. Bunda dapat melakukan hal-hal berikut jika belum sempat mengunjungi dokter:

• Anak dengan herpangina harus diisolasi selama 2 minggu untuk mencegah terjadinya infeksi silang.
  • Hindari makanan yang terlalu panas, pedas, asam, dan keras (sebaiknya makanan semi-liquid).
  • Direkomendasikan pula untuk berkumur dengan air garam atau larutan saline setelah selesai makan.
  • Jika anak-anak memiliki gejala demam yang sangat tinggi, pastikan untuk meminum cairan yang banyak dan kompres kepala dengan es (atau dapat disertai dengan antipiretik).

Segera kunjungi dokter untuk menghilangkan dan mengatasi keluhan. Semoga bermanfaat, stay healthy!

1. Yu H, Li X, Liu Q, Deng H, Liu G, Jiang R et al. Diagnosis and treatment of herpangina: Chinese expert consensus. World Journal of Pediatrics. 2019;16(2):129-134.