Behel Damon vs Behel Biasa, Apa Sih Bedanya?

Halo semuanya, selamat datang di blog website Palapa Dentists!

Semoga sahabat Palapa Dentists dalam keadaan sehat selalu ya. Kali ini kita akan membahas topik yang sering menjadi pertanyaan oleh sahabat yang ingin pasang behel. Sahabat sering mendengar ‘behel damon’? Apa sih bedanya dengan behel biasa? Mari kita bahas bersama di paragraf selanjutnya!

Behel, atau yang biasa disebut fixed orthodontic appliance dalam bahasa medis, adalah alat berupa kawat yang digunakan untuk memperbaiki posisi gigi yang tidak rata atau berjejal. Sesuai dengan namanya (fixed), alat tersebut akan menempel pada gigi dan tidak dapat dilepas sendiri oleh pasien. Beberapa komponen dari behel adalah:

  1. Bracket,
  2. Molar band,
  3. Kawat (archwire),
  4. Lainnya, berupa ligatur, powerchain, dan lain-lain.
Fixed Orthodontic Appliances - OralHealth.in
Sumber: google.com

Pada behel biasa, digunakan karet (ligatur, powerchain, dan lain-lain) untuk mengikat antara behel dengan kawat sehingga tekanan yang ditimbulkan untuk menggerakkan gigi akan lebih besar. Oleh karenanya, behel biasa lebih sering menyebabkan ketidaknyamanan berupa rasa sakit pada pasien dan memiliki progres perawatan yang cukup lama.

“Lalu apa bedanya dengan behel damon?”

Behel dengan teknologi damon memiliki mekanisme unik dalam menggerakkan gigi, yang bekerja dengan tanpa menimbulkan tekanan sehingga rasa sakit lebih berkurang dan memiliki progres perawatan yang lebih cepat. Perbedaan bracket behel biasa dengan bracket behel damon adalah:

  1. Damon tidak menggunakan karet -> tekanan oleh karet yang biasanya menimbulkan rasa sakit berkurang
  2. Mampu melebarkan lengkung rahang lebih maksimal -> sehingga pada beberapa kasus yang borderline (perlu/tidak perlu dilakukan pencabutan gigi) tidak memerlukan pencabutan gigi
  3. Damon memerlukan sedikit penyesuaian selama perawatan

Sumber: google.com

Gimana.. sahabat Palapa Dentists sudah mengerti kan perbedaan antara behel biasa dan behel damon? Untuk para sahabat yang ingin memasang behel, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter spesialis orthodonsia (Sp.Ort) mengenai perawatan dan jenis behel yang digunakan. Karena ternyata, masing-masing dari jenis behel memiliki indikasi dan kontraindikasi tersendiri. Semoga bermanfaat, stay healthy!

Penulis: Karina Widya Aisya, S.K.G

Sumber:

  1. Fixed orthodontic appliances: University of Toronto Faculty of Dentistry Information and Instructional Technology Services(no date) Fixed Orthodontic Appliances | University of Toronto Faculty of Dentistry Information and Instructional Technology Services. Available at: https://iits.dentistry.utoronto.ca/fixed-orthodontic-appliances (Accessed: January 25, 2023).
  2. Damon braces(2018) Damon Indonesia. Available at: https://damonsmileindonesia.com/damon-braces/ (Accessed: January 25, 2023).

Leave your thought