Gusi Berdarah Saat Menyikat Gigi, Apa Penyebabnya?

Halo semuanya, selamat datang di blog website Palapa Dentists!

Memasuki 10 hari terakhir di bulan Ramadhan, tentunya sahabat Palapa harus selalu semangat beribadah ya! Kali ini kita bahas mengenai kesehatan gusi yuk. Apakah sahabat Palapa pernah memiliki pengalaman gusi berdarah saat menyikat gigi? Jika iya, apa ya penyebabnya? Apakah gusi berdarah merupakan hal yang harus dikhawatirkan? Mari kita simak paragraf berikut.

Penyebab gusi berdarah:

  1. Gingivitis atau periodontitis

Gusi berdarah adalah tanda gingivitis atau radang gusi, yang merupakan bentuk penyakit gusi yang umum dan ringan. Hal ini dapat disebabkan oleh penumpukan plak atau karang gigi. Walaupun merupakan penyakit yang umum dan ringan, jika gingivitis dibiarkan maka dapat menyebabkan penyakit gusi periodontitis. Periodontitis merupakan kondisi gusi yang dalam jangka panjang dapat merusak jaringan dan tulang yang menopang gigi. Pada tahap yang parah, periodontitis dapat menyebabkan gigi goyang, bahkan dapat menyebabkan gigi ompong.

Solusi: dapat disembuhkan dengan scaling (pembersihan karang gigi).

Gingivitis vs Periodontitis - What is the Difference? - The Family Dental  Center
  1. Menyikat gigi terlalu keras

Menggunakan terlalu banyak tenaga saat menyikat gigi dapat merusak gusi, ditandai dengan rasa sakit dan perdarahan.

Solusi: gunakan sikat gigi berbulu lembut (soft), menyikat gigi dengan tekanan lembut dan dengan gerakan memutar (bukan ke kiri-kanan atau atas-bawah).

Cara Menggosok Gigi yang Benar untuk Anak SD & Gambar Ilustrasinya
  1. Diabetes

Gusi berdarah atau bengkak dapat menjadi tanda peringatan diabetes tipe 1 atau 2. Individu dengan diabetes tidak terkontrol memiliki imun yang tidak kuat sehingga gusi lebih mudah terinfeksi. Kadar gula dalam darah yang tinggi pada penderita diabetes juga dapat mempersulit penyembuhan.

Solusi: kunjungi dokter spesialis penyakit dalam untuk kontrol penyakit diabetes dan rutin ke dokter gigi untuk melakukan oral prophylaxis (pembersihan gigi) .

  1. Gingivitis terkait kehamilan (pregnancy gingivitis dan epulis gravidarum)

Perubahan hormon selama kehamilan dapat membuat gusi lebih rentan terhadap plak, yang menyebabkan peradangan dan perdarahan. Kondisi lain yang sering terjadi pada masa kehamilan adalah epulis gravidarum atau kondisi pembengkakan yang mudah berdarah pada gusi. Kondisi ini biasanya akan membaik di trimester ke-3 atau setelah melahirkan.

Solusi: menjaga kebersihan mulut dan segera membersihkan karang gigi ketika memasuki kehamilan trimester awal.

  1. Kondisi lainnya

Waspadai penyakit berikut yang berkaitan dengan kelainan darah jika sering mengalami perdarahan: kekurangan vitamin C dan K, thrombocytopenia, leukimia, hemofilia, dll.

Solusi: kunjungi dokter spesialis untuk konsultasi lebih lanjut.

Semoga bermanfaat, stay healthy!

Penulis: Karina Widya Aisya, S.K.G

Sumber:

What diseases could cause my gums to bleed? (no date) WebMD. WebMD. Available at: https://www.webmd.com/oral-health/bleeding-gums-other-conditions (Accessed: April 16, 2023).

Leave your thought